Alam Sedang Tidak Bersahabat??

Oleh : Djoe

Terdengar kabar dari berbagai daerah bahwa telah terjadi bencana tanah longsor, banjir bandang, gunung meletus, cuaca ekstrim dan sebagainya…dan biasanya lalu orang-orang pada bilang, “alam sedang tidak bersahabat”.

Sekilas kata-kata “alam sedang tidak bersahabat” itu puitis dan benar, padahal menurut saya mengandung kesalahan mendasar. Lalu apa argumentasi saya?

Sejak menuntut ilmu di sekolah dasar, kita diberikan pengetahuan bahwa penyebab banjir itu adalah penggundulan hutan, lalu siapa pelaku penggundulan hutan tersebut? Manusia !!

Berikutnya tentang tanah longsor secara teori diakibatkan oleh karena sudah tidak ada lapisan daya dukung untuk menahan pergerakan tanah yang tergerus oleh kerukan-kerukan atau galian-galian di sekeliling bukit, lalu siapa pelaku penggerusan lapisan tanah tersebut? Manusia !!

Bacaan Lainnya

Kemudian soal gunung meletus, bukankah letusan gunung itu bagian dari proses alamiah belaka yang memang berlaku pada semua gunung berapi di seluruh jagad? Dan hasil letusannya pun kelak menjadi hamparan “emas hitam” yang mendatangkan rejeki bagi manusia. Kesuburan tanah di lereng-lerengnya , di lembah-lembahnya adalah juga berkah dari letusannya. Keindahan panoramanya sering menjadi sumber pendapatan banyak pihak.

Bertolak dari sisi pandang tersebut, semestinya malu jika masih berani mengatakan bahwa “alam sedang tidak bersahabat”. Karena pada faktanya “manusia-lah yang tidak mau memperlakukan alam sebagai sahabat”.

Bersambung….

Pos terkait