Asep Sudarsono: One Week, One Juz

  • Whatsapp
Foto; Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah III, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Sudarsono/zi

Bekasi, ZI – Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah III, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Sudarsono, Selasa (08/06/21) kepada ZI mengungkapkan, bahwa sinergitas dengan para insan media dan LSM, sangat perlu dijalin dan ditingkatkan. Asep juga mengutarakan bahwa teman-teman media dan LSM adalah partner kerja baginya  juga bagi sekolah. Dan ia memiliki beberapa alasan untuk itu.

Asep Sudarsono, kepada ZI yang juga didampingi Ketua LSM Master, mengatakan bahwa ia sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari teman-teman media berupa informasi yang akurat akan kinerja maupun kondisi rill sekolah. Karena menurutnya, teman-teman media dan LSM sering mendapatkan informasi yang tidak ia dapatkan. Dan ia sangat mengapresiasi akan hal itu.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat mengharapkan bantuan dan informasi dari teman-teman media, tapi harus yang akurat ya. Jangan mengada-ada. Karena, saya dan juga pihak KCD memiliki banyak keterbatasan, khususnya keterbatasan sumber daya. Sedangkan teman-teman media sudah terbiasa dan professional dalam mencari dan mengumpulkan informasi. Kita bersama-sama membangun pendidikan, khususnya di kota dan kabupaten Bekasi ini,” ujarnya.

Selepas mengungkapkan bagaimana pentingnya sinergitas sekolah dengan media, Asep kemudian memaparkan beberapa program yang dikawalnya sejak awal ditempatkan di KCD Wilayah III, pada Maret lalu. Dan yang menarik, ada 2 (dua) program unik yang disampaikan oleh mantan kepala sekolah ini. Program itu adalah Risensi Buku dan One Week-One Juz.

“Untuk semua guru yang sudah tersertifikasi, saya mewajibkan, begitu dana sertifikasi turun,  mereka harus membeli sebuah buku. Buku apa saja, terserah mereka. Lalu membacanya, kemudian membuat risensi buku tersebut. Setelah itu, buku tersebut disumbangkan ke Perpustakaan sekolah masing-masing, diketahui oleh kepala sekolah dan juga pengelola perpustakaan,” jelas Asep.

“Lalu, bagi guru-guru yang beragama Muslim, saya mewajibkan mereka untuk membaca Al-Quran, satu minggu harus selesai 1 (satu) Juz. Al-Quran itu seluruhnya ada 30 Juz,” tambahnya.

Penggemar olahraga sepak bola ini menambahkan, “Memang bukan program yang wah, namun sedikitnya, perlahan ini akan membawa perbaikan. Para pendidik harus terus menggali kemampuannya dengan rajin membaca, dan membuat risensi buku. Dan juga kemampuan untuk menulis sebuah karya juga harus terus ditumbuhkembangkan. Kalau perlu minta bantuan teman-teman media untuk mengedit dan atau menayangkan tulisan-tulisan mereka di media-media teman-teman pers.

Arnold Silaban, Ketua LSM Master, saat dimintai pendapatnya mengatakan, salut dan menghargai sambutan dari Kepala KCD Wilayah III DinasPendidikan Jawa Barat, Asep Sudarsono yang sederhana, komunikatif dan welcome atas masukan dari pihak ekternal seperti teman-teman pers dan LSM.

“Secara pribadi, saya ucapkan terimakasih atas penyambutan dari Kepala KCD ini. Sederhana, komunikatif dan menerima dengan baik kunjungan kita. Dan dari diskusi panjang lebar tadi, besar harapan saya, pendidikan di kota dan kabupaten Bekasi akan mengarah lebih baik,” kata Arnold selepas kunjungan ke Kantor KCD.

(gp)

Pos terkait