Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) akan Diaktifkan Kembali Usai Pandemi Covid-19

Foto/ist

Kota Bekasi, ZI – Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menggelar audiensi bersama Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana, Selasa (30/11/2021) pagi di Area Stadion Patriot Chandrabaga yang dihadiri oleh Camat se Kota Bekasi dan para pengurus dari BSIP Kota Bekasi.

Ketua BSIP, Edi Supangat dalam sambutannya mengatakan, bahwa selama pandemi Covid-19 ini kegiatan dari bank sampah sangat vakum. Hanya beberapa RW saja yang tetap berjalan, diharapkan dengan adanya audiensi ini dengan Pemerintah Kota Bekasi untuk bergerak bersama dalam mengelola sampah di tiap RW di Kota Bekasi.

Bacaan Lainnya

“Penurunan terdampak Covid-19, dari 200 Bank sampah, hanya bergerak sekitar setengah persennya, 89 tidak aktif. Kami sangat berharap bergeraknya Bank Sampah ini terus aktif pada saat landainya Covid 19 sekarang,” ujar Edi Supangat.

Ia juga mengatakan, bahwa sebagian RW di Kota Bekasi belum bisa mengkoordinasikan mengenai sosialisasi bank sampah, terkendala pada lahan dan pengelola bank sampah tersebut, dari BSIP siap melakukan sosialisasi pada tiap RW untuk menggerakkan pada wilayah masing-masing.

Foto/ist

Wali Kota Bekasi ucapkan terima kasih kepada para penggerak dan pengelola dari tiap Kecamatan untuk memprogramkan dan mensosialisasikan bank sampah di setiap RW, dan menegaskan kepada setiap Camat untuk segera melakukan fungsi dari bank sampah yang bisa mendorong pengelolaan sampah di setiap wilayah. Juga Wali Kota akan membuatkan kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan BSIP Kota Bekasi untuk menunjukkan eksistensi dari BSIP sebagai pengelola sampah.

Dalam MoU tersebut akan menggaet dari BPRS Patriot Kota Bekasi dalam kerjasama untuk pengembangan pengelolaan Bank Sampah mengenai dana pinjaman untuk pengelolaan tersebut, juga akan menggaet IPPAT Kota Bekasi yang fungsinya jika ingin membangun koperasi dalam bank sampah akan di koordinasikan dengan Ippat Kota Bekasi dalam mengurus segala kebutuhan notarisnya.

Di akhir Wali Kota menyampaikan bahwa RW adalah kepanjangtanganan dari Pemerintah Kota Bekasi setiap program yang dikeluarkan dari Pemerintah, Camat agar terus lakukan sosialisasi mengenai program program Pemerintah Kota Bekasi dan ajak para RW untuk lakukan pembelajaran mengenai pentingnya pengelolaan sampah.

(ndoet/yhana)

Pos terkait