Bupati Humbahas Buka Musrenbang RKPD 

Foto; Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Humbahas Tahun 2024 di Aula Hutamas, Doloksanggul/zi

DOLOKSANGGUL, ZINEWS | Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Humbahas Tahun 2024 di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Senin (20/03/2023)..

Kegiatan ini dibuka secara online (video conference) oleh Bupati karena pada saat yang bersamaan harus mengikuti kegiatan di luar daerah.

Bupati menyampaikan bahwa tingkat kemiskinan di tahun ini menurun, sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, laju pertumbuhan meningkat dan PDRB juga meningkat. 

“Kita baru-baru ini memperoleh Adipura, ini menjadi langkah awal yang membuktikan bahwa masyarakat kita sudah memahami akan pentingnya kebersihan. Langkah awal ini hendaknya bisa dipertahankan ke depan,” ujarnya. 

Katanya lagi, metode Pembelajaran dengan Metode Gasing (gampang, asik dan menyenangkan) yang diperkenalkan di Kabupaten Humbang Hasundutan, mampu mendongkrak kemajuan anak dalam ‘calistung’. Pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang saat ini sudah ada di Humbahas diharapkan akan mempermudah semua urusan (24 urusan) yang akan bergabung dalam MPP. 

Bacaan Lainnya

“Semua capaian ini merupakan hasil kerja sama semua masyarakat Humbahas. Target kita ke depan akan lebih baik. Oleh karena itu dalam musrenbang ini, diharapkan agar masing-masing OPD memberikan perhatian yang serius, jangan membuat program dan kegiatan yang tidak bisa dikerjakan. Sebaiknya membuat program dan kegiatan yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Permasalahan stunting, kata Dosmar, perhatian penting kedepan. Secara kultur bahwa permasalahan ini bisa teratasi, ‘anakkon hi do hamoraon di au’.

Selain itu, adalah daerah pertanian ini juga mendukung dalam mengatasi stunting.

“Danau juga menjadi sumber ikan, dan daerah kita dekat dengan Barus sebagai sumber ikan. Jadi program dan kegiatan OPD harus selektif dan prioritas. Pemerintahan harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Ada beberapa fokus kita ke depan, masalah stunting, investasi dan peningkatan ekonomi,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf Ahli Gubernur bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Kaiman Turnip, mengapresiasi capaian Humbang Hasundutan yang sudah menurunkan angka kemiskinan.

Demikian juga dengan kenaikan IPM dari  69,41 tahun 2021 menjadi 70,32 tahun 2022 serta pertumbuhan ekonomi mengalami pertumbuhan di angka 4,21.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Humbang Hasundutan, Pahala Lumbangaol dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan musrenbang ini untuk menyelaraskan program dan kegiatan OPD Kabupaten dengan usulan program dan kegiatan desa dan kecamatan, pokok pikiran DPRD dan hasil Forum Perangkat Daerah.

Selanjutnya mempertajam indikator dan target program dan kegiatan OPD sesuai tugas dan fungsinya, menyelaraskan program OPD dengan OPD lainnya serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan.

Pos terkait