Bupati Taput Buka Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024

Foto; Drs. Nikson Nababan, M.Si/dok-hms

TAPUT, ZINEWS | Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si, didampingi Forkopimda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra S.H Simaremare, M.Si, membuka secara resmi kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024 yang mengangkat tema, “Konsolidasi dan Sinergitas Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara” di Sopo Partungkoan Tarutung, Kamis (02/02/2023).

Pada kesempatan itu Bupati Taput Nikson Nababan, mengatakan, bahwa konsultasi publik merupakan forum untuk menjaring masukan dan saran dari berbagai pihak dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD.

“Arah kebijakan pembangunan kita untuk tahun 2024 adalah untuk memantapkan dan mengkonsolidasikan  capaian pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya dengan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan melalui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah,” tutur Bupati Nikson Nababan.

Dia juga menyinggung pembangunan infrastruktur daerah masih menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara untuk tahun depan. Selain infrastruktur, pembangunan pertanian dan ketahanan pangan tetap diprioritaskan yang difokuskan kepada penguatan ketahanan pangan melalui revitalisasi dan pengembangan sektor pertanian yang didukung oleh sektor industri, perdagangan dan jasa. selanjutnya akan dilaksanakan pengembangan komoditi dan produk unggulan daerah.

“Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian perlu melakukan inovasi bagaimana meningkatkan daya saing dan strategi pemasaran hasil pertanian serta nilai tambah produk unggulan kita. untuk itu perlu dibina kemitraan dengan dunia usaha sehingga pemasaran komoditi dan produk unggulan daerah dapat meningkat,” paparnya.

Bacaan Lainnya
Foto/dok-hms

Nikson menambahkan, untuk kemandirian desa perlu dilakukan peningkatan kapasitas pemerintahan desa. Karena salah satu terobosan yang strategis dalam mewujudkan kemandirian desa adalah melalui pemberdayaan masyarakat serta pembentukan Badan Usaha Milik Desa, baik yang bersifat individu maupun Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDes), untuk itu diperlukan perencanaan penggunaan anggaran yang bersinergi baik dari dana desa, ADD, APBD maupun dari sumber lainnya yang sah.

Bupati 2 (dua) periode itu juga mengingatkan pada tahun depan telah memasuki tahap akhir pelaksanaan periode RPJMD 2019-2024 dan RPJPD 2005-2025, dibutuhkan keseriusan semua pihak untuk pencapaian target yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu penggunaan anggaran dan perencanaan kegiatan harus difokuskan kepada pencapaian program/kegiatan yang belum tercapai dengan optimal serta mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi anggaran yang tersedia.

Di akhir, Nikson Nababan, mengajak seluruh elemen Pemerintahan dan masyarakat untuk bersinergi sesuai peran dan kapasitas masing-masing untuk mencapai target pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara.

“RKPD 2024 menjadi ajang bagi saudara sekalian para pengguna anggaran untuk benar-benar merencanakan kegiatan yang berorientasi kepada pencapaian target indikator pembangunan di seluruh sector. Keberhasilah Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara bisa terwujud apabila kita bersama-sama bersinergi mencapai target terbaik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang lebih baik untuk Kabupaten Tapanuli Utara,” tutup Bupati Nikson Nababan.

Tutut hadir dalam kegiatan ini Kepala Bappeda Taput Luhut Aritonang, para asisten, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Taput, Camat se Kabupaten Tapanuli Utara, Perwakilan BUMD, BUMN dan Perusda, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Adat, Pemuda dan Tokoh Agama.

(Hms/Raja)

Pos terkait