Diskusi Nonformal Sore Fisipol UHN Medan dan LIPI  yang Saling Mengapresiasi

Foto; Dekan Fisipol UHN Medan Drs. Darma Manalu, M.Si, didampingi Dosen Fisipol Dr. Dimpos Manalu, M.Si foto bersama dengan Team LIPI Pusat dan BPS di Ruang Fisipol UHN Medan/zi

Medan, ZI – Saling memberikan apresiasi adalah sesuatu yang menunjukan sikap hormat dan rendah hati. Hal itu terlihat saat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas HKBP Nommensen Medan kedatangan Team Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat yang bertandang ke Fisipol UHN Medan dengan penuh kekeluargaan dan saling terdengar canda dan tawa.

Terlihat Dr. Dimpos Manalu, M.Si, yang merupakan dosen Teori Politik dan pakar politik Fisipol UHN Medan lulusan UGM Yogyakarta ini dengan keahlian dan kelihaiannya selalu membuat suasana penuh riuh dan tertawa.

Dikesempatan ini Dr. Dimpos Manalu, M.Si, mengatakan kepada media, “Kedatangan team LIPI dan BPS ini adalah kunjung silaturahmi setelah mereka selesai melakukan penelitian dan kita sebagai pendamping penyuplai data dan juga memberikan masukan-masukan untuk menguatkan penelitian mereka,” ujar Dimpos.

Dimpos menjelaskan, mereka sedang melakukan penelitian tentang “migrasi kembali tenaga kerja ke wilayah asal” akibat pandemi Covid-19 di 12 provinsi di Indonesia.

“Sebelumnya, 26 Agustus lalu, saya setengah “dipaksa” Mbak Syarifah Dalimunthe sebagai narasumber untuk memahami isu-isu terkait di Sumatera Utara, khususnya dalam konteks Kabupaten Toba dan Samosir. Awalnya saya menolak dan mengajukan nama lain, karena saya bukan ahli demografi. Tapi karena “dipaksa” Mbak Syarifah dengan pendekatan “primordial” sama-sama berasal dari Tapanuli (Utara dan Selatan) dan sesama alumni UGM, akhirnya tantangan saya terima, canda Dimpos Manalu lagi. Untunglah saya masih mengingat teori “bright city lights” dan “push and pull factors”, yang dulu sekilas saya pelajari di Magister Studi Kebijakan, UGM. Saya beruntung, karena ketika itu dosen-dosen di program ini bukan hanya dari Fisipol UGM, tapi juga dari geografi, antropologi, dan lainnya (multidisiplin). Saya makin sumringah karena di akhir acara, Mbak Syarifah, mewakili tim, menyerahkan kaos, buku, dan plakat LIPI sebagai oleh-oleh,” beber Dr. Dimpos Manalu, M.Si.

Bacaan Lainnya

Sementara Dekan Fisipol UHN Medan Drs. Darma Manalu, M.Si, mengatakan, sejumlah hal terkait tema penelitian. Ke depan antara LIPI Pusat dan Fisipol UHN Medan bisa melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya pengembangan riset sosial dan riset politik sebagai upaya membumikan riset sosia di negara ini.

“Ini adalah kunjungan kehormatan bagi kami di lingkungan UHN Medan karena kami kedatangan team hebat dari LIPI,” kata Dekan Fisipol.

Senada dengan Syarifah Dalimunthe dari LIPI mengatakan, sangat senang bisa bertamu ke Fisipol UHN Medan ini. Diskusi terus mengalir sekalipun tidak formal sifatnya dan penuh kekeluargaan.

“Sangat kami harapkan kedepan ada berbagai kerjasama yang bisa kita lakukan untuk kepentingan riset sosial dan riset politik dengan fokus di Sumatera Utara. Terima kasih buat Dekan Fisipol dan Dr. Dimpos Manalu yang sudah menerima kami dengan penuh kekerabatan dan keleluargaan,” tutup Syarifah Dalimunthe.

(jr)

Pos terkait