Jaga Marwah Peradilan, PN Pasangkayu Lakukan Kampanye Publik Terapkan ZI menuju WBK dan WBBM

Foto; KPN Pasangkayu I Ketut Darpawan, SH, (kanan) bersama Anugrah Fajar Nuraini, SH, (kiri)/hms_ist

Pasangkayu, ZInews – Dalam menjaga marwah dan nama baik dunia peradilan, Pengadilan Negeri (PN) Pasangkayu, menggelar Kampanye Publik Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di wilayah Kabupaten Pasangkayu yang bertempat di Anjungan Vovasanggayu Pasangkayu, Senin (10/10/2022) lalu.

Kegiatan yang dipimpin langsung Ketua PN Pasangkayu I Ketut Darpawan, SH, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan kampanye publik yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Pasangkayu tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada PN Pasangkayu, serta mengajak warga Kab. Pasangkayu untuk ikut berperan aktif membantu dalam penerapan Zona Integritas.

“Kegiatan kampanye publik saat ini, kami menginginkan adanya sebuah bentuk pengawasan dengan melibatkan warga masyarakat para pencari keadilan sebagai sosial kontrol baik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Wartawan/ Jurnalis dan lainnya dalam penerapan ZI, WBK dan WBBM ini. Dan apabila ada informasi dugaan korupsi maupun pungli kami sarankan agar segera melapor/mengadukan oknum aparat tersebut melalui sarana pelaporan dan pengaduan yang telah disediakan oleh Mahkamah Agung RI,” kata I Ketut.

Usai sambutannya,  KPN Pasangkayu I Ketut Darpawan, SH, kemudian membuka ruang diskusi dengan tanya jawab baik dari warga masyarakat maupun jajaran PN Pasangkayu.

Foto; KPN Pasangkayu I Ketut Darpawan, SH, bersama salah satu warga/hms_ist

Dalam kesempatan itu I Ketut, menjelaskan, tentang pentingnya penerapan Zona Integritas khususnya pada Pengadilan Negeri Pasangkayu. Dan bagaimana PN Pasangkayu menerapkan Zona Integritas tersebut kedepannya.

Bacaan Lainnya

Salah satu poin penting kata I Ketut, bahwa PN Pasangkayu tidak memungut biaya terhadap layanan-layanan yang diberikan kepada masyarakat selain biaya yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

“Adapun bentuk biaya yang nantinya harus dibayarkan oleh masyarakat juga secara transparan dan telah disampaikan kepada masyarakat melalui media-media seperti website, papan yang ditempelkan pada ruang tunggu pengunjung yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, bagi masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu, PN Pasangkayu juga menyediakan layanan hukum cuma-cuma yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pelayanan hukum, dengan persyaratan yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

Foto/hms_ist

Di akhir, pria kelahiran Pulau Dewata itu berpesan, agar masyarakat tidak takut untuk melaporkan/mengadukan apabila mengetahui ada aparat PN Pasangkayu baik hakim maupun aparat pengadilan yang lain yang diduga menerima suap maupun melakukan pungutan di luar yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan melalui sarana yang disediakan oleh Mahkamah Agung karena identitas dari pelapor akan dirahasiakan.

“Dengan adanya peran aktif dari masyarakat ini kami berharap PN Pasangkayu dapat menjadi pengadilan yang bebas dari korupsi dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan kampanye publik yang dipimpin KPN dipandu oleh Anugrah Fajar Nuraini, SH, (hakim-red) dan dihadiri warga PN Pasangkayu yang berada di sekitaran Anjungan Vovasanggayu Pasangkayu tersebut, dilaksanakan juga kegiatan penempelan stiker Zona Integritas PN Pasangkayu di beberapa kendaraan warga yang sedang melintas di beberapa tempat.

(hms/raja)

Pos terkait