Kabiro Hukum dan Humas MA Akui Peran Penting Sosmed Saat Kunker ke Pengadilan Mataram

Foto; Dr. H. Sobandi, SH, MH, saat kunker ke Pengadilan Mataram/ist

Mataram, ZI – Kepala Biro dan Humas Mahkamah Agung, Dr. H. Sobandi, SH, MH, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pengadilan Tinggi Mataram pada 25 November 2021. Kunker ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya media sosial dalam meningkatkan citra positif pengadilan.

Acara sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Ketua Pengadilan Negeri dan pengelola media sosial se wilayah Pengadilan Tinggi Mataram.

Bacaan Lainnya

Dalam kunker ini, Dr. Sobandi didampingi oleh pemateri-pemateri dari Biro Hukum dan Humas, yaitu Rudy Sudianto, SH, MH, Ahmad Muzayyin Destuladoe, S.Sy, Marta Satria Putra, SH, MH, Irwan Rosady, SH, dan Nur Azizah, S.S.

Pada kesempatan tersebut, para pemateri membagi pengalamannya tentang bagaimana mengolah informasi hingga menjadi berita yang siap disebarkan kepada masyarakat. Selain itu para pemateri juga berbicara tentang pengelolaan media sosial, peran juru bicara di pengadilan, fungsi kehumasan, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Hukum dan Humas yang diwakili oleh Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga menyampaikan bahwa terkait praktek keterbukaan informasi, Mahkamah Agung mengikuti perkembangan informasi teknologi. Mahkamah Agung juga semakin aktif memanfaatkan media digital sebagai medium penyebaran informasi.

Foto/ist

Melalui Biro Hukum dan Humas, Mahkamah Agung makin mendekatkan diri kepada masyarakat melalui platform-platform, seperti Facebook, Instagram, Twitter, You tube, Tik Tok  dan website. Melalui platform ini, Mahkamah Agung ingin menampilkan diri sebagai lembaga yang friendly, tidak kaku, tidak menyeramkan sebagaimana dahulu orang-orang mengenal Mahkamah Agung.

Melalui media digital, Mahkamah Agung semakin membuktikan bahwa lembaga ini memiliki “concern” yang sangat tinggi terhadap keterbukaan informasi. Terlebih lagi di masa pandemi seperti dua tahun belakang ini, media digital sangat terasa manfaatnya dalam melaksanakan tugas fungsi yang tidak boleh berhenti karena pandemi.

Kepala Biro Hukum dan Humas berharap kegiatan sosialisasi ini bisa bermanfaat untuk lembaga.

“Saya berharap seluruh peserta bisa mengeluarkan seluruh potensinya, kreativitasnya, serta produktivitasnya baik untuk acara ini maupun untuk kemajuan lembaga,” harap mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.

Senada dengan Dr. Sobandi, Ketua Pengadilan Tinggi Mataram, Nyoman Gede Wirya, SH, MH, menyatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, karena baik buruknya lembaga tergantung dengan humasnya.

“Untuk itu saya harapkan para Ketua Pengadilan Negeri untuk meningkat peran para humas di masing-masing satuan kerjanya. Saya juga berharap semua ilmu yang telah disampaikan tadi bisa dimanfaatkan untuk lembaga,” kata Nyoman Gede Wirya.

Acara Sosialisasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(azh/RS/red)

Pos terkait