Kerja Bakti Peduli Cagar Budaya Kraton Kartosuro

Budaya Keraton Kartosuro.

KARTOSURO, ZI – Di tengah-tengah keprihatinan pandemi covid19 ternyata tidak menyurutkan semangat warga Kartosuto untuk tetap memperhatikan kelestarian cagar budaya kraton Kartosuro.

Dalam hal ini, para warga perorangan maupun yang tergabung dalam berbagai ormas, komunitas sosial budaya dan kemanusiaan melakukan kerja bakti bersih-bersih lahan njero Kraton Kartosuro, Minggu (21/02/21). Selain bersih-bersih membabati rumput dan tanaman liar juga menata batu bata reruntuhan agar tetap dalam kondisi terpelihara.

Bacaan Lainnya

Terlihat ada anggota Banser PAC Kartosuro, juga keluarga silat nasional Perisai Diri, Pagar Nusa, komunitas Pawartos, Kartosuro Bergerak, Pecinta Alam SABAGIRI, termasuk Pejuang Kartosuro 79, dan masih banyak lagi yang ambil bagian dalam aksi kerja sosial ini.

Salah satu tokoh pemrakarsa Kartosuro Greget Djuyamto, SH, MH, yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan, bahwa kerja bakti yang dilakukan pada dasarnya sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap lingkungan.

“Ini merupakan wajud kepedulian dan keprihatinan khususnya di Kraton Kartosuro yang sepertinya tidak memperoleh perhatian dari pihak yang berwenang. Harapannya lewat aksi ini bisa bermanfaat kedepannya,” harap Djoe dan kiranya pihak pemerintah juga memperhatikan serta memelihara cagar-cagar budaya karena merupakan bagian dari sejarah. (ZI)

Pos terkait