Komunitas  PID UHN Medan Harus Jadi Teladan Terapkan Cinta Kasih Kristus

Pdt. Nurmaya Simanjuntak, STh, M.Si sebagai pengkotbah dan liturgis Suriany Siahaan, S.Psi, MSP, foto bersama dengan komunitas PID UHN Medan di Gedung Perpustakaan Pasca selesai acara Natal PID/zi

Medan, ZI – Bertempat di Gedung Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Medan perayaan Natal Persatuan Ibu  Dosen Universitas HKBP Nommensen Medan berlangsung sukses dan meriah, Medan, (10/12/2021).

Adapun tema natal yang diambil adalah ‘Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan’ (I Petrus 1: 22), subtema yang diambil adalah ‘Melalui Perayaan Natal ini Marilah kita Wujudkan Kehidupan yang Lebih Baik Mensyukuri Kasih Karunia Allah yang Telah Menyelamatkan kita.’

Bacaan Lainnya

Dalam khotbahnya Pdt. Nurmaya Simanjuntak, S.Th, M.Th, mengajak semua komunitas PID sebagai garda terdepan atau sebagai contoh nyata dalam menggerakkan kasih persaudaraan lintas suku, agama, dan juga marga.

“Kita harus menjadikan keteladanan Yesus dalam kasih sebagai patron dalam hidup kita,” kata Pdt. Nurmaya.

Pdt. Nurmaya, kembali mengingatkan, “Dalam kehidupan global dengan berbagai kemajuan yang serba canggih dengan  makin membudayanya internet, sosial media, kita harus mengedepankan kasih dalam cinta dalam interaksi sosial.”

“Saat ini kecenderungan egoisme, individualis, hedonisme makin menguat dalam tatanan kehidupan orang Kristen. Adanya revolusi teknologi komunikasi yang begitu hebat dan dahsyat saat ini cenderung membuat manusia asik dengan kesendiriannya. Saat ini hubungan sosial yang harmonis semakin menipis karena pengaruh berita hoax yang bisa memecah belah sesama karena penggunaan teknologi yang salah kaprah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, dalam menjalankan interaksi kehidupan sosial, kehidupan kenegaraan maka harus mengedepankan kasih dan cinta kepada sesama. Panggilan untuk mencintai sesama adalah sebuah kewajiban bagi Umat Kristen.

“Kita tidak bisa memungkiri realitas sosial kita yang beragam dan berbeda. Perbedaan itu, apakah marga, suku, dan agama tidak lantas membuat kita tidak mencintai sesama. Justru dengan adanya perbedaan sebagai sebuah anugerah dari Tuhan maka kita harus mengutamakan dan menguatkan cinta kasih,” tegas Pdt. Nurmaya.

Di akhir dia berharap, kedepan PID Universitas HKBP Nommensen agar jadi sebuah komunitas, organisasi yang bisa jadi role model dalam menerapkan dan mengimplementasikan cinta dan kasih sebagai sebuah panggilan bagi Umat Kristen.

“Saya sangat yakin dengan natal PID ini bisa berkontribusi positif bagi kinerja UHN kedepan karena keluarga besar UHN akan semakin mengasihi dan mencintai sesama sebagai dasar dalam pelayanan pendidikan di lingkungan UHN,” tutup Pdt. Nurmaya Simanjuntak.

Acara natal PID ini diikuti oleh para anggota PID, dan undangan lainnya. Liturgis dalam acara ini adalah Suriany Siahaan, Spsi, MSP.

(Mr)

Pos terkait