Komunitas se-Kartasura Siap Adakan Sadranan Ageng di Bekas Keraton Kartasura

Kartasura, ZI – Puluhan komunitas yang ada di Kartosuro seperti Pawartos, Pejuang Kartosuro, Kartosuro Bergerak, Gaspol, Kartosuro Greget dan perwakilan dari Perguruan silat berkumpul di pendopo di Komplek bekas Keraton Kartasura, Sabtu malam (06/03/21).

Acara ini dilakukan untuk menyambut dan memperingati Sadranan Ageng (acara kebudayaan dalam adat Jawa untuk memperingati leluhur-red), yang akan dilakukan di bekas Keraton Kartasura.

Bacaan Lainnya

Gus Sigit selaku Ketua Panitia dalam acara Sadranan Ageng mengatakan, akan terlebih dahulu diadakan acara besik, atau pembersihan makam dan  sekitarnya pada tanggal 28 Maret 2021.

“Tanggal 28 Maret 2021 kita akan melakukan pembersihan makam terlebih dahulu dan sekitarnya. Dan untuk acara Sadranan Ageng akan diselenggarakan di Tanggal 04 April 2021,” ucap Gus Sigit.

Gus menjelaskan, acara Sadranan Ageng akan dimulai Pukul 07.00 WIB di Komplek pelataran Watu Kembar Keraton Kartasura.

“Acara akan dimulai Pukul 07.00 WIB, dengan mengadakan Kirab Tumpeng (rombongan warga membawa nasi yang penyajiannya bentuk kerucut dan ditata bersama lauk-pauknya dengan mengenakan pakaian khas adat-red), menuju tempat acara kemudian dzikir tahlil dan pengajian,” kata Gus.

Diketahui antusiasme dari Komunitas Gabungan se-Kartasura ini sangat luar biasa dan terbukti, bahwa mereka mengadakan acara ini dengan biaya swadaya dari Komunitas masing-masing, karena mereka merupakan bagian dan punya tanggungjawab dalam menjaga serta ikut melestarikan tradisi turun-temurun dari leluhur. (Rsc/Zi)

Pos terkait