Menguat Dalam Sosialisasi Empat Pilar  Kebangsaan MPR RI dan PIKI Sumut

Foto; Jadi Pane, S.Pd, MM Sekretaris DPD PIKI menerima cenderamata dari Anggota MPR RI Arteria Dahlan, SH, MH, Senator Sumut Dr. Badikenita Putri Sitepu, SE, M.Si yang juga Ketua Umum DPP PIKI , dan Senator Jawa barat AA Oni Suwarman setelah selesai Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan/MR

Masyarakat Sumut Harus Jadi Role Model Keberagaman

Sumut, ZI – Masyarakat Sumut adalah miniatur negara Indonesia dalam mengelola keberagaman dan harus jadi role model juga dalam mengelola keberagaman di negara ini.

Hal itu ditegaskan oleh Anggota MPR RI/DPD RI perwakilan Jawa Barat AA Oni Suwarman dalam acara sosialisasi empat pilar kebangsaan kerjasama MPRI Ri dan DPD PIKI Sumatera Utara di Grand Aston Hotel, Selasa (22/06/21).

Bacaan Lainnya

Anggota DPD RI Jawa barat ini mengatakan dengan bangga menegaskan  Sumut sebagai miniatur Indonesia dengan jiwa gotong royong dalam bekerjasama bahu membahu membangun Sumut, misalnya dalam mendirikan rumah ibadah.

“Masyarakat Sumut sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut,” ujarnya lagi.

Dalam rangka penguatan empat pilar kebangsaan sebagai ruh berbangsa dan bernegara MPR RI kerjasama dengan Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Sumut mensosialisasikan empat Pilar Kebangsaan pada perwakilan elemen masyarakat di Sumut. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan Pancasila sebagai dasar dari ideologi negara,  UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi negara serta ketetapan MPR,  Negara kesatuan RI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan negara.

Pembicara dalam sosialisasi tersebut adalah Anggota DPD/MPR RI Arteria Dahlan, SH, AA Oni Suwarna dan Dr. Badikenita Putri Sitepu, M.Si (Anggota MPR/DPD Mewakili Sumut) sekaligus Ketua Umum DPP PIKI, Arteria Dahlan, SH, (MPR/DPR RI), AA Oni Suwarman (Anggota MPR/DPD RI) dengan Moderator Ir Ronald Naibaho, M.Si.

Menurut  DR Badikenita Putri Sitepu, M.Si,”kita yang merupakan bagian dari bangsa, memiliki hak, misalnya hak masyarakat  yang diatur dalam pasal 28 dan pasal 29 UUD 1945 yang dijamin oleh negara.”

Baca juga; Perluasan Ideologi Pancasila Melalui Konektivitas Teknologi 5G

“Masyarakat bebas memeluk agama dan kepercayaan dalam pasal 29 dan bebas berkumpul serta berserikat dalam pasal 28. Dalam Hal ini PIKI Sumut  bersama MPR RI ambil bagian dalam melakukan sosialisasi empat Pilar Kebangsaan kepada Perwakilan elemen masyarakat di Sumut, ujar Badikenita yg juga Ketua Umum DPP PIKI.Hadir dalam sosialisasi tersebut perwakilan GMKI, GAMKI, PWKI, HMI, GMNI, PMKRI, HMKI, FKBN, SOMBA, STT Sola Fide, STT Paulus Medan dan komunitas elemen masyarakat lainnya,” katanya.

Setelah itu pembicara Arteria Dahlan, SH, menyampaikan, “Perlunya membangun karakter dan budaya bangsa melalui sosialisasi  empat Pilar Kebangsaan yg kebetulan dilaksanakan pada Bulan Juni (Bulan mengenang Soekarno/Presiden I RI), yaitu Pancasila sebagai dasar dari ideologi negara, UUD Negara RI tahun 1945 sebagai Konstitusi negara serta Ketetapan MPR, negara kesatuan RI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai sembogan negara,” jelasnya. Arteria lebih lanjut menyampaikan bahwa kepentingan mensejahterakan rakyat adalah yang utama.

Ketua DPC PWKI Medan mewakili peserta menyampaikan sambutan dalam diskusi tersebut bahwa kegiatan sosialisasi ini perlu juga dilakukan kepada sekolah-sekolah untuk menyentuh kaum millenial.

Baca juga; Pergantian Panitera Muda Pidana dan Juru Sita di PN Jakarta Utara

John Eron Lumban Gaol, SE, Ketua DPD PIKI SUMUT sebagai mitra MPR RI dalam acara ini menyampaikan terimakasih kepada MPR RI khususnya Dr. Badikenita Sitepu, Senator asal Sumatera Utara yang menggagasi kegiatan ini seraya berharap agar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan RI dan Sosialisasi RUU dapat berlanjut kedepan.

Pada penghujung acara Anggota  MPR RI Arteria Dahlan dan Dr. Badikenita Sitepu, M.Si, menyerahkan Cendramata kepada DPD PIKI SUMUT yang diwakili Sekretaris Jadi Pane, S.Pd, MM.

Acara ini dihadiri oleh ratusan orang dari perwakilan elemen masyarakat Sumut termasuk para Pimpinan Gereja/Lembaga Gereja dan Lembaga Keumatan yang disambut antusias dalam sesi tanya jawab. Juga para tokoh –tokoh DPD PIKI Sumut yang hadir adalah Prof. Dr. Marihot Manullang, Rahel Sukatendel, S.Sos, M.Si, Dr. Adolfina Koamesakh, M.Hum, dan lain sebagainya.

(MR)

Pos terkait