Menkominfo Apresiasi Humas Pemerintah Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

Foto; Menkominfo Johnny G. Plate/ Humas Kemkominfo

Jakarta, ZInews – “G20 Summit 2022 adalah salah satu bukti kegotongroyongan Indonesia menghasilkan satu capaian yang sangat tinggi dan bisa kita lakukan dalam kegotongroyongan.”

Demikian disampaikan Menkominfo Johnny P. Plate, sebagai bentuk apresiasi kepada Humas Pemerintah dalam gelaran Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, saat memberikan sambutan pada Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2022, di di Yogyakarta Marriott Hotel, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/11/2022) malam.

Bacaan Lainnya

“Kita dapat melaluinya dengan menghasilkan G20 Bali Leaders’ Declaration berisi 52 paragraf terkait dengan inisiatif konkret termasuk sikap terhadap perang di Ukraina,” ujar Menkominfo.

“Keberhasilan-keberhasilan tersebut berkat kerja sama segenap komponen bangsa termasuk rekan-rekan humas pemerintah di kota-kota, kabupaten-kabupaten, provinsi, BUMD, BUMN, perguruan tinggi negeri hingga kementerian dan lembaga yang telah ikut serta dalam mewartakan setiap persidangan, working groupengagement group, hingga acara puncak KTT G20,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menkominfo juga menekankan peran sentral pelaksanaan kehumasan pemerintah atau government public relation (GPR) dalam menyediakan informasi yang akurat dan faktual bagi masyarakat.

“Namun di tengah cepatnya laju persebaran informasi, urgensi GPR, humas pemerintah, menjadi lebih besar untuk dapat menyediakan informasi yang akurat serta meluruskan misinformasi yang tersebar di masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai saluran komunikasi publik pemerintah, tegas Johnny, humas pemerintah juga harus mampu mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang kredibel sebagai acuan. Lebih dari itu, peran humas pemerintah menjadi lebih krusial karena bertanggung jawab untuk mentranslasikan kebijakan dan informasi pemerintah supaya dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan efektif dan efisien.

“Kehumasan yang berpusat pada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu di kedepankan,” tandasnya.

(red)

Pos terkait