PA Rangkasbitung Sambut Baik SK Badilag MA RI Menuju Peradilan Agama Modern Berkelas Dunia

Foto; Ketua PA Rangkasbitung Dr. Saiful, S.Ag,MH/zi

LEBAK, ZINEWS | Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tahun 2023 ini mengeluarkan keputusan direktur jenderal Badilag Nomor 044/DJA/HK.00/SK/1/2023 tentang Program prioritas Dirjen Badilag Tahun 2023.

Dalam diktumnya menyebutkan bahwa program prioritas Dirjen Badilag Tahun 2023 ini menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas Dirjen Badilag, Pengadilan Tinggi Agama, dan Pengadilan tingkat pertama seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Adapun bunyi 4 (empat) program prioritas tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penguatan integritas; Dalam penguatan integritas ini didukung oleh 2 program utama, yakni optimalisasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM, dan penguatan pengawasan, baik bersifat preventif maupun represif (CCTV Online).
  1. Penguatan kelembagaan; Dalam rangka menguatkan kelembagaan di satker masing-masing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni optimalisasi jaminan perlindungan hak-hak perempuan dan anak, optimalisasi pelaksanaan putusan pengadilan (eksekusi), optimalisasi mediasi, penguatan inovasi dan prestasi, peningkatan kelas Pengadilan Agama dan Pengadilan Agama Kelas IA Khusus, dan Optimalisasi kerja sama antar Lembaga.
  1. Penguatan Sumber daya manusia; Untuk mendukung penguatan sumber daya manusia tersebut, DIrjen Badilag menyebutkan tiga hal yang penting yaitu peningkatan kualitas SDM tenaga teknis, optimalisasi pembinaan, monitoring, dan evaluasi secara berkala, dan penguatan pelaksanaan hukum acara.
  1. Penguatan pemanfaatan TI; Optimalisasi e-court, gugatan sederhana dan gugatan mandiri, serta implementasi, pengembangan dan replikasi 26 inovasi/aplikasi adalah hal yang perlu diperhatikan untuk peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi.

Terkait surat keputusan Dirjen Badilag MA RI tersebut, Pengadilan Agama Rangkasbitung menyambut baik agar diterapkan di Pengadilan Agama Rangkasbitung untuk menuju Peradilan Agama modern berkelas dunia.

Salah satu langkah awal dalam memasuki tahun 2023 Pengadilan Agama Rangkasbitung langsung mempersiapkan diri dengan melaksanakan rapat kerja dipimpin langsung oleh ketua PA Rangkasbitung Dr. Saiful, S.Ag, MH, belum lama ini.

“Dalam rapat kerja ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni yakni program kerja yang dirumuskan harus program yang dibutuhkan oleh masyarakat pencari keadilan atau kebutuhan internal PA Rangkasbitung, atau program kerja yang akan dicanangkan adalah program yang bisa dilakukan,” ujar Dr. Saiful.

Selain itu lanjut Dr. Saiful, bahwa program yang akan dibuat tersebut adalah program yang memberi solusi terhadap persoalan. Dan dalam menyusun program kerja harus memperhatikan anggaran yang terdapat dalam RKAKL Pengadilan Agama Rangkasbitung tahun 2023.

Dan sebagai bentuk pengabdian dan tanggung jawab, Pengadilan Agama yang memiliki motto PERMATA [Profesional, Efisien, Ramah, Melayani, Amanah, Transparan dan Akuntabel] ini melakukan deklarasi komitmen bersama melalui Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja Pengadilan Agama Rangkasbitung yang diselenggarakan di ruang sidang utama PA Rangkasbitung, pada Senin 16/01/2023, pukul 14.00 WIB.

Diketahui bahwa PA Rangkasbitung Kelas 1B telah sukses menutup tahun 2022 dengan keberhasilan meraih 11 penghargaan dari total 20 penghargaan yang dianugerahi oleh Pengadilan Tinggi Agama Banten terhadap penilaian kinerja selama 1 tahun berjalan. Pengadilan Agama Rangkasbitung juga pada tahun 2022 yang lalu mencatat sebuah sejarah baru yakni penyelesaian perkara 100 %, artinya tidak ada tunggakan sisa perkara pada tahun 2022. Adapun total perkara yang diputus pada tahun 2022 yang lalu sebanyak 1500 perkara.

(raja)

Pos terkait