Pilar-pilar Memayu Hayuning Bawana

Foto/disain_zi

Surakarta, ZInews – Kenapa Wong Jawa sejak usia dini diprioritaskan mendapatkan pendidikan unggah ungguh?! Karena tentang unggah ungguh menjadi salah satu bagian paling dasar untuk merefleksikan ajaran Memayu Hayuning Bawana.

Apa itu Memayu Hayuning Bawana?! Adalah kesediaan segenap jiwa dan raga mempertahankan keindahan dunia. Karena dunia adalah anugerah dari Sang Murbengrat, jangan dirusak dengan keserakahan ataupun kebiadaban.

Bacaan Lainnya

Maka melalui penyerapan ilmu unggah ungguh, kemudian setiap anak Jawa secara cerdas dan bijak menempatkan diri. Bagaimana ia bersikap kepada sesama dan bagaimana ia memperlakukan semesta. Sehingga tiap-tiap keturunan Jawa jika sudah Njawani, ia tidak akan pernah melepaskan nilai-nilai keluhuran budi pekerti.

Begitulah representasi dari frekuensi ke-unggah-ungguhan, dengan sendirinya akan melahirkan jiwa-jiwa yang mengeluarkan dimensi keagungan tata krama, kesahajaan dalam perbuatan, kesantunan dalam ucapan, sejuk tatkala dipandang, menentramkan saat memberi wejangan-wejangan.

Unggah ungguh adalah pancaran cahaya Njawani. Tepatnya Njawani merupakan level sopan santun yang paling exclusive dan berkelas tinggi. Sewajibnya wong Jawa, Njawani.

Saya Jawa!!! ☝️❤️

Penulis: Sri Narendra Kalaseba

Pos terkait