PN Tanjung Usung HARAT Kawal Transparansi Dalam Pelayanan Publik

Foto : Dr. Wisnu Widiastuti, SH, MHum, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung/ist-zi

Kalsel, ZI – Sejak dinahkodai Dr. Wisnu Widiastuti, SH, MHum, Pengadilan Negeri Tanjung (PN Tanjung), banyak melakukan terobosan, khususnya dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana mewujudkan transparansi kinerja pengadilan yang dipimpinnya. Dan sejak kepemimpinannya juga, PN Tanjung berupaya menjadikan sosok Pengadilan lebih dekat kepada masyarakat dan kepada para pengguna pengadilan.

PN Tanjung, yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 18 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ini, beberapa tahun belakangan, menerapkan dan mengaplikasikan teknologi informasi sebagai upaya meningkatkan keterbukaan. Tidak hanya itu, beberapa aplikasi media sosial (medsos) juga dimanfaatkan agar PN Tanjung semakin terlihat ramah dan friendly.

Bacaan Lainnya

Web PN Tanjung (http://pn-tanjung.go.id) , menjadi satu hal yang efektif dimanfaatkan untuk mentransfer dan mendistribusikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Beberapa terobosan PN Tanjung dipresentasikan di dalam web tersebut secara gamblang, user friendly dan interaktif. Selain penyebarluasan informasi dengan web. PN Tanjung juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Youtube dan Tiktok, agar PN Tanjung semakin mendekatkan diri ke masyarakat, dan profil PN Tanjung lebih humanis, kekinian dan mengikuti era Milenial.

Wisnu Widiastuti, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, menjadi satu dari sedikit ketua pengadilan perempuan di Indonesia. Kehadirannya di PN Tanjung memberikan angin keterbukaan di lingkungan pengadilan semakin berhembus deras. Dia konsisten menjadikan media-media informasi untuk memperbesar ruang keterbukaan dalam pelayanan publik.

Hakim kelahiran Semarang tahun 1975 ini, kepada ZI, mengungkapkan bahwa visi PN Tanjung adalah “Terwujudnya Pengadilan Negeri Tanjung yang Agung“. Dan untuk mewujudkan visi itu maka disusunlah misi PN Tanjung, yaitu:

  1. Menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Tanjung
  2. Memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan di pengadilan negeri Tanjung
  3. Meningkatkan kualitas kepemimpinan Pengadilan Negeri Tanjung, serta 
  4. Meningkatkan kredibilitas dan transparansi Pengadilan Negeri Tanjung.

Terkait pemanfaatan media-media sosial, Wisnu Widiastuti mengatakan bahwa media sosial, tak bisa dipungkiri adalah sarana yang efektif untuk promosi produk dalam dunia usaha atau memperkenalkan layanan dalam dunia kerja. Setiap media sosial punya keunikan masing-masing, meski mempunyai kesamaan dalam hal penyampaian informasi yang lebih ringan, gampang dicerna, ceria dan punya segmen yang lebih luas, utamanya di kalangan kawula muda.

Foto : Dr. Wisnu Widiastuti, SH, MHum,/ist-zi

Terobosan terbaru yang dilakukan oleh PN Tanjung adalah aplikasi SIAP PN TANJUNG. Aplikasi yang dapat diunduh dari playstore ini adalah usaha PN Tanjung mewujudkan sarana keterbukaan informasi dan layanan publik dalam Satu Genggaman Tangan.

Terobosan-terobosan yang dilakukan oleh PN Tanjung, dibawah kepemimpinan Wisnu Widiastuti ini, adalah dalam rangka untuk mewujudkan WBK dan WBBM di lingkup PN Tanjung. Dia juga dengan khusus meminta dukungan dari semua pihak agar hasrat dan niat baik mereka, Jajaran Pengadilan Negeri Tanjung, dapat terealisasi dalam waktu dekat. Niatan itu ditunjukkan dengan selalu melakukan survey IKM dan IPK secara periodik.

Untuk hasil IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), periode Juli – Desember 2020, berada pada nilai 97. Sedangkan untuk IPK (Indeks Persepsi Korupsi) di periode yang sama menempati nilai 3,92. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memandang kinerja dari PN Tanjung sangat luar biasa. Hal ini sejalan dengan moto yang mereka usung, yaitu HARAT.

HARAT merupakan moto dari Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. HARAT sendiri adalah singkatan dari Humanis, Akuntabel, Responsif, Adil dan Transparan.

Wisnu Widiastuti dengan optimis mengatakan bahwa dia dan seluruh jajaran PN Tanjung berkomitmen meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Meningkatkan integritas serta akuntabilitas kinerja aparat pengadilan. “Dukung kami untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di Pengadilan Negeri Tanjung,” tegas Wisnu Widiastuti optimis. (Tim/ZI)

Pos terkait