Rapat koordinasi tentang Perkembangan Isu dan Tindak Lanjut Pengembangan DPSP Danau Toba

Foto; Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, M.Si/ist

Taput, ZI – “Sore ini saya didampingi Asisten II Marihot Simanjuntak dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait ikuti rapat koordinasi secara zoom meeting dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI tentang Perkembangan Isu dan Tindak Lanjut Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba yang dipimpin oleh Odo R. M. Manuhutu, selaku Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati”.

Demikian disampaikan oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si, pada Senin (30/08/21). Adapun beberapa poin agenda pembahasan sebagai berikut :

Bacaan Lainnya
  1. Pemanfaatan Dana SILPA,
  2. Penyelesaian Isu Lahan, dan
  3. Pengaturan Lalu Lintas di DPSP Danau Toba.

Dalam kesempatan ini, Nikson memaparkan Visi-Misi Pembangunan serta usulan Program Kerja guna Percepatan Pembangunan di Tapanuli Utara dan se-Kawasan Danau Toba melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, diantaranya :

  1. Pembangunan UPT Dermaga Pelabuhan Muara,
  2. Pameran Pembangunan se-Kawasan Danau Toba, dimana Kabupaten Tapanuli Utara siap menjadi tuan rumah,
  3. Menggelar event di Muara, seperti : Perlombaan Paralayang Internasional di Huta Ginjang, Triton, Sepeda Gowes dari Huta Ginjang-Muara, dan Lomba Berenang, dan
  4. Permohonan Pembangunan Cable Car dari Huta Ginjang-Muara-Samosir.

“Saya berharap agar usulan tersebut dapat diterima oleh Pemerintah Pusat demi kemajuan dan kesejahteraan Pembangunan se-Kawasan Danau Toba terlebih Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Nikson.

Ia juga menyampaikan, bahwa dalam hal ini perlunya sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah terlebih yang berada di Kawasan Danau Toba untuk mewujudkan Pembangunan se-Kawasan Danau Toba.

Menanggapi usulan Bupati tersebut, pimpinan rapat Odo R. M. Manuhutu, selaku Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan segera menyampaikannya usulan Bupati ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI.

“Kami senang, Bapak Bupati mempunyai ide yang brilian demi kemajuan Danau Toba Khususnya se-Kawasan Danau Toba. Semoga dengan usulan ide Kreatif Bapak Bupati, nantinya mendapat hal positif dari Pemerintah Pusat setelah kami sampaikan,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo R. M. Manuhutu.

(*/raja)

Pos terkait