Rekam Jejak Positif RSUD Kabupaten Bekasi di HUT Ke-16 dengan Tema “Pelayanan PRIMA”

Foto; Wakil Direktur RSUD Kab. Bekasi Dr. Lilah Mufliha, MH. Kes,/zi

Bekasi, ZI – Perayaan Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi ke 16 pada beberapa minggu lalu dengan tema, “Pelayanan Prima” dapat dikatakan menjadi kenangan indah yang sulit untuk dilupakan, karena pada momen ulang tahun tersebut, semua rekam jejak positif sejak berdirinya rumah sakit menjadi teringat kembali, bagaimana perjalanan RSUD secara nyata tanpa rekayasa dalam melayani masyarakat sesuai dengan Visi Misi-nya.

Hal tersebut disampaikan Dr. Lilah Mufliha, MH. Kes, sebagai Wakil Direktur RSUD Kabupaten Bekasi pada saat wawancara khusus dengan ZI pada Selasa (07/09/2021), dimana saat ini posisi Direktur Utama belum ada yang defenitif sehingga masih dirangkap oleh Kadinkes sebagai pelaksana tugas.

Bacaan Lainnya

“Adapun rekam jejak positif dan Profil dari RSUD Kabupaten Bekasi, yaitu, sejak terjadinya peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa Barat dan Bupati Pada Tanggal 6 Agustus 2003 lalu menjadi awal yang baik,” kata Dr. Lilah mengawali wawancara kepada ZI.

Kemudian, lanjut Lilah, RSUD Kabupaten Bekasi dioperasionalkan untuk umum pada tanggal 15 Agustus 2005 sesuai Instruksi Bupati Nomor: 2/2/2005 tentang Pengoperasian RSUD Kabupaten Bekasi dan Surat Izin Operasional Nomor : 503/2440/DINKES/RS/2005 tentang izin penyelenggaraan RSUD Kabupaten Bekasi dengan 11 Spesialistik, UGD, Ambulance dan Penunjang Medis.

“Berdasarkan instruksi Instruksi Bupati Nomor: 2/2/2005 tentang Pengoperasian RSUD Kabupaten Bekasi dan Surat Izin Operasional Nomor : 503/2440/DINKES/RS/2005 tentang izin penyelenggaraan RSUD Kabupaten Bekasi tersebut, selanjutnya pada tanggal 25 Januari 2006 silam, RSUD mulai memberikan pelayanan rawat inap untuk kelas II dan III dengan kapasitas 60 tempat tidur serta penambahan kamar operasi, pelayanan kebidanan dengan jumlah 4 tempat tidur,” ucap Lilah.

Ia menjelaskan, bahwa pengukuhan nama Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi adalah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.07.06/III/1870/08 tanggal 28 Mei 2008, tentang pemberian Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit Umum Daerah dengan nama “Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi” Provinsi Jawa Barat.

Foto; Wakil Direktur RSUD Kab. Bekasi Dr. Lilah Mufliha, MH. Kes, saat wawancara dengan tim ZI di ruang kerjanya,/zi

Kisah perjalanan RSUD Kab. Bekasi yang sudah 16 tahun ini, membuat tim ZI ingin mengetahui lebih banyak lagi kisahnya sekaligus mengorek prestasi-prestasi yang sudah berhasil ditorehkan dan patut dibanggakan. Yang bertepatan juga dalam rangka acara Gebyar Ulang Tahun ke 16 Tahun pada bulan Agustus 2021 lalu.

Hal ini yang membuat susana wawancara semakin hangat dan berkesan, ditambah sikap ramah dari sosok Dr. Lilah, yang murah senyum dan hamble ini sangat terbuka memaparkan setiap capaian yang telah diperoleh RSUD selama berdiri hingga hari ini.

“16 tahun perjalanan RSUD Kabupaten Bekasi ada beberapa torehan prestasi yang sudah diraih, diantaranya: “Telah Menerima Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit” Nomor : KARS-SERT/18/VII/2011 sebagai pengakuan bahwa Rumah Sakit memenuhi standar pelayanan meliputi Administrasi dan Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan dan Rekam Medis, Lulus Tingkat Dasar, Jakarta 6 Juli 2011,” beber Dr. Lilah.

Kemudian, sesuai Keputusan Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Barat Nomor : 445.1/Kep.30/I.25.b/IPRSU-B-BPMPT/2016 Tanggal 21April 2016, tentang izin Operasional Rumah Sakit Umum Kelas B. Juga mendapatkan Akreditasi Rumah Sakit Paripurna Nomor : KARS-SERT/227/XII/2018 diberikan Kepada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi, pada Tanggal 31 Desember 2018.

“Penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. RSUD Kabupaten Bekasi sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori “SANGAT BAIK” A-Tahun 2017, 2018 dan 2019. Juga Sertifikat Rumah Sakit Pendidikan sesuai dengan Keputusan Menteri HK.01.07/MENKES/393/2020 Tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bekasi sebagai Rumah Sakit Pendidikan Satelit untuk Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo dan Fakultas Universitas Yarsi Jakarta, tanggal 30 Juni 2020. Dan pada tanggal 17 Maret 2020 RSUD Kabupaten Bekasi menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 ditetapkan dalam Kaputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 445/Kep.186-Dinkes/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu (Covid-19),” papar Dr. Lilah yang selalu mengenakan hijab ini.

Foto/zi

Dengan tema Ulang Tahun RSUD yang ke 16 Tahun ini kata Wadir RSUD Kab. Bekasi punya moto, “Pelayanan PRIMA” yaitu:

  • Profesionalisme,
  • Ramah,
  • Integritas Tinggi,
  • Mutu layanan, dan
  • Akuntabilitas.

Inilah inti terwujudnya Pelayanan PRIMA. Dan kita, semua Keluarga Besar RSUD Kab. Bekasi sepakat akan mengimplentasikannya ke depan,” imbuh Lilah.

Adapun Pelayanan PRIMA ini Dr. Lilah memaparkan, bahwa merupakan bagian dari reformasi birokrasi RSUD Kabupaten Bekasi yang diarahkan pada pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Bekasi yaitu terwujudnya Kabupaten Bekasi Bersinar Tahun 2022 dengan baik dan benar.

Pada kesempatan yang baik tersebut Dr. Lilah, memyampaikan, sekalipun Gebyar Ulang Tahun ke 16 Tahun RSUD Kabupaten Bekasi, dalam kondisi Pandemi Covid-19 tetap tidak mengurangi makna kebersamaan walau kegiatan dilakukan secara online sesuai arahan protokol kesehatan.

“Di momen bahagia Keluarga Besar RSUD tidaklah berkurang sekalipun acara Gebyar Ulang Tahun kita lakukan secara online dan tetap menerapkan prokes. Bahkan ada 4 (empat) kegiatan yang dilakukan secara online diantaranya; Poster tentang Covid, Yel-Yel, K3 dan Cuci tangan dengan Video Inovasi, dan kegiatan tersebut diikuti oleh Ruangan-Ruangan, Unit-Unit dan Bidang-Bidang,” ujar Lilah yang dipercaya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha ini.

Di akhir sesi wawancara kepada ZI, Dr. Lilah Mufliha, MH, Kes, menambahkan, “Gebyar acara tersebut yang seharusnya diadakan pada tanggal 15 Agustus 2021, namun karena bertepatan dengan hari Ulang Tahun Kabupaten Bekasi yang jatuh pada hari libur maka Acara Gebyar digeser menjadi tanggal 20 Agustus 2021 yang dilakukan dengan secara zoom sekaligus pembagian hadiah door prize yang didukung oleh Bank BJB. Hadiah doorprize tersebut juga sangat tepat sasaran karena dimenangkan oleh cleaning service dan pemulasaran jenazah, sehingga dapat menambah semangat kepada mereka dalam meningkatkan kinerjanya masing-masing dengan benar,” tutup Lilah.

(Rolasta/Alpiner/Tim)

Pos terkait