Rudenim Medan Kanwil Kemenkumham Sumut Kawal Proses Pemindahan Pengungsi ke Jakarta

Foto; Pengawalan pemindahan terhadap 6 (enam) orang pengungsi dari tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Medan ke tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Jakarta/dok_zi

Medan, ZInews – Kepala Rumah Detensi Imigrasi Medan, Vencentius Purwo Hendratmoko beserta jajaran melakukan pengawalan pemindahan terhadap 6 (enam) orang pengungsi dari tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Medan ke  tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Jakarta, Rabu (02/02/2022).

Kegiatan pemindahan pengungsi ini dilaksanakan dalam rangka  penyatuan keluarga, alasan isu kesehatan serta guna mempermudah proses pemeriksaan kesehatan terhadap pengungsi yang akan menjalani proses keberangkatan ke Negara ketiga (Resettlement).

Bacaan Lainnya

Ke-6 (enam) orang pengungsi yang dipindahkan ke tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Jakarta terdiri dari 4 (empat) orang pengungsi Warga Negara Somalia dan 2 (dua) orang pengungsi Warga Negara Afghanistan.

Foto/dok_zi

Kegiatan pemindahan disertai dengan melakukan serah terima pengungsi terlebih dahulu ke Rumah Detensi Imigrasi Jakarta guna keperluan registrasi dan pendataan, dilanjutkan dengan melakukan pengawalan pengungsi hingga ke tempat penampungan sementara pengungsi di Kota Jakarta yang telah ditetapkan.

Karudenim V. Purwo Hendratmoko menyampaikan saat ini masih ada sekitar 1730 orang pengungsi yang berada di kota Medan, dan berharap dari segi jumlah semakin berkurang dengan adanya baik penempatan ke negara ketiga maupun pemulangan sukarela, ucapnya.

Proses pengawalan pemindahan pengungsi berjalan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

(BS)

Pos terkait