Setelah Viral, Rafael Alun Diperiksa KPK soal LHKPN Rp 56 Miliar

Foto; Rafael Alun Trisambodo/dok-ist

JAKARTA, ZINEWS | Setelah viral dengan jumlah kekayaan yang fantastis, mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo menjalani pemeriksaan terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya senilai Rp 56 miliar yang dinilai janggal.

Rafael Alun mulai masuk ke ruang pemeriksaan sekitar pukul 09.00 WIB. Ayah Mario Dandy ini sebelumnya tiba di gedung KPK mulai pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 15.00 WIB belum nampak Rafael keluar dari ruang pemeriksaan.

Mantan Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II ini disebut masih diperiksa penyidik soal LHKPN miliknya.

Aset kekayaan Rafael senilai Rp 56 miliar yang tertera di LHKPN 2021 miliknya memang tengah disorot publik seiring kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy, mencuat. Nominal kekayaannya dinilai tidak sesuai dengan profil pekerjaan Rafael.

Usut punya usut, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku telah menemukan kejanggalan dari LHKPN milik Rafael sejak dulu. Temuan PPATK itu pun telah diserahkan ke KPK hingga Kejaksaan Agung.

Bacaan Lainnya

KPK kemudian angkat bicara dan mengatakan pernah memeriksa LHKPN milik Rafael di periode 2012-2019 dan 2020. Temuan KPK itu juga telah diserahkan kepada pihak Kementerian Keuangan.

Pos terkait