Tingkatkan Layanan PTSP, PN Jaksel: Harus Tuntas dan Bersahabat

Foto; Ruang tunggu PTSP PN Jaksel dengan sarana yang nyaman/zi

Jakarta, ZInews – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Kelas 1A Khusus, Jl. Ampera Raya No.133, RT.5/RW.10, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota, secara terus menerus dan konsisten meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain memperluas jangkauan layanan digitalisasi, lembaga di bawah komando Ketua PN Jaksel Saut Maruli Tua Pasaribu itu, juga meningkatkan keramahan dengan sikap bersahabat yang ditunjukkan petugas terhadap masyarakat di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kita terus tingkatkan pelayanan, sesuai instruksi pak Ketua. Kita ditugaskan untuk terus melayani masyarakat dengan ramah, cepat, sehingga masyarakat dan pihak-pihak terkait tidak lagi kesulitan,” kata Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto, SH, MH, di ruang kerjanya, Jumat (16/09/2022) siang.

Seluruh pihak-pihak terkait dan masyarakat yang ingin berurusan dengan PN Jaksel, lanjut humas yang akrab dengan insan pers itu, dari awal telah menempatkan petugas di pintu masuk untuk langsung mengarahkan kepada setiap yang datang sesuai keperluan.

“Dengan metode layanan ini tidak perlu bertanya-tanya lagi, ambil nomor antrian dan langsung menunggu di tempat yang kita buat senyaman mungkin,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Humas yang akrab disapa mas Djoe itu menjelaskan, selain keberadaan e-Court (Pendaftaran gugatan secara elektronik-red), PN Jakarta Selatan juga telah menyediakan layanan digital lainnya yakni sistem antrian digital di PTSP.

Foto; Salah satu pencari keadilan saat terlayani petugas PTSP PN Jaksel/zi

“Tentunya tidak ada yang sempurna, tapi kami terus meningkatkan mutu pelayanan. Dan peran Pers juga banyak membantu kami untuk meningkatkan layanan melalui kritik konstruktif yang kami terima,” tandas mas Djoe.

Pantauan wartawan di PN Jakarta Selatan, terlihat petugas di pintu masuk langsung menanyakan maksud kedatangan wartawan dan mengarahkan ke salah satu loket PTSP dengan terlebih dahulu mengambil nomor antrian. Juga dengan petugas loket, melayani seluruh pertanyaan yang disampaikan hingga tuntas, seraya berucap “masih ada yang bisa kami bantu,” sapa petugas dengan ramah.

Untuk diketahui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Kelas 1A Khusus memiliki sebuah moto BERKIBAR yang disingkat;

  • Bersih,
  • Equal,
  • Responsif,
  • Konsekuen,
  • Informatif,
  • Bermartabat,
  • Akuntabel, dan
  • Ramah.
Foto; Petugas di pintu masuk langsung mengarahkan pencari keadilan sesuai dengan keperluannya/zi

Dalam meningkatkan pelayanan bagi pencari keadilan, PN Jaksel juga telah memiliki 2 (dua) jenis Layanan dan Inovasi yaitu;

  • Layanan Eksternal, dan
  • Layanan Internal.

Layanan Eksternal mulai dari PTSP yang meliputi (e-court dan eraterang, pengaduan dan informasi, kepaniteraan hukum, kepaniteraan pidana, upaya hukum perdata, salinan putusan perdata/eksekusi, umum dan persuratan), Aplikasi E-Tamu, Disabilitas (website difabel, parkir khusus disabilitas, guiding block, kursi tunggu khusus disabilitas, kartu prioritas difabel, buku huruf braille, kursi roda, alat bantu dengar, peralatan tongkat dan walker difabel, ruang khusus difabel, toilet khusus difabel), Website (berita dan kegiatan, informasi persidangan, informasi tilang, persyaratan kepaniteraan, informasi pegawai dan administrasi perkantoran, pengaduan), Anjungan Mandiri, Sisuper, Fasilitas Publik, Aplikasi Jadwal Sidang, Aplikasi Media Informasi, Ruang Sidang, dan Ruang Mediasi.

Sementara Layanan Internal mulai dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan Monitoring Implementasi SIPP (MIS), Simantan yang disingkat (Sistem Informasi Pemeliharaan Mesin dan Peralatan), dan Command Center.

(*PS/RM/ZI)

Pos terkait