Umbul Dunga di Petilasan Keraton Kartasura

Foto; Para tokoh dan pemerhati budaya se Solo Raya saat acara Umbul Dunga di Petilasan Keraton Kartasura/dok_ist

Kartasura, Zines – Ratusan pengiat seni budaya, pemerhati budaya, ormas dan komunitas relawan se Solo Raya mengikuti doa bersama di pelataran Watu Kembar Petilasan Keraton Kartasura, pada Sabtu (23/04/2022) malam.

Acara yang diprakarsai para tokoh dan elemen masyarakat juga berbagai komunitas budaya ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sebuah tindakan yang sulit diterima akal sehat telah terjadi persis ditempat yang sama, yaitu perilaku yang tidak terpuji dan tidak menghargai sebuah situs peninggalan para leluhur yang bisa dikategorikan masuk dalam salah satu bangunan bersejarah.

Bacaan Lainnya

Akibat dari tindakan para oknum yang tidak bertanggungjawab ini memicu sebuah gerakan secara spontan dari para pemerhati budaya dan tokoh yang cinta akan budaya. Bahkan beberapa tokoh mendesak aparat hukum agar para pelaku diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Foto; Ratusan hadir dalam acara Umbul Dunga di Petilasan Keraton Kartasura/dok_ist

Dengan terselengaranya Umbul Dunga ini merupakan sebuah komitmen bersama untuk senantiasa menjaga ,merawat dan melestarikan sejarah dan kearifan lokal yang merupakan warisan para leluhur, sebagai wujud kecintaan  kita terhadap tanah air, sekaligus merupakan aksi keprihatinan dan doa bersama atas perusakan pagar Keraton Kartasura yang merupakan bangunan sejarah dan cagar budaya.

Di tempat terpisah pemerhati budaya dan tokoh masyarakat Kartasura, Djuyamto mengatakan, Umbul dunga ini menunjukan masih adanya rasa handarbeni (rasa memiliki–red) yang kuat terhadap warisan leluhur berupa situs cagar budaya, sehingga harus di apresiasi. Namun diharapkan jangan sebatas seremonial, tapi perlu dilanjutkan dengan aksi-aksi konkrit ke depan.

Baca Juga :

“Dalam Undang-undang tentang Cagar Budaya sangat jelas, mengenai  pelestarian dan perlindungan terhadap benda cagar budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab  masyarakat,” tandas Djuyamto.

Turut hadir dalam acara ini Camat Kartasura Danramil, lurah Kartasura, para tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dari Solo raya.

Sumber : anekafakta.com

(*/raja)

Pos terkait