Wabup Humbahas Silaturahmi Ke Rumah Tuan Syekh Ali Akbar Marbun

Foto; Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan kunjungan silaturahmi ke rumah kediaman Tuan Syekh Ali Akbar Marbun/zi

Dolok Sanggul, ZInews  Wakil Bupati (Wabup) Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan bersama Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah kediaman tokoh ulama nasional, Tuan Syekh Ali Akbar Marbun di Jalan Pelajar, Medan, Selasa (29/11/22).

Kehadiran Wabup bersama Ketua DPRD disambut hangat Tuan Syekh Ali Akbar Marbun dengan diskusi dan ramahtamah.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan tadi, Wabup Oloan Nababan menyampaikan perkembangan pembangunan Humbahas di berbagai sektor, khususnya di bidang pariwisata dan budaya.

Untuk pariwisata, Oloan memaparkan keistimewaan Humbahas dengan daerah lainnya. Dimana Humbahas memiliki situs sejarah Pahlawan Nasional Sisingamangaraja di Kecamatan Baktiraja dan Kecamatan Parlilitan.

“Di samping banyaknya spot wisata di Humbahas, situs sejarah Sisingamangaraja menjadi daya tarik wisatawan,” ujarnya.

Kata Oloan, kedepan situs sejarah ini akan ditata dan dikelola dengn baik. Sehingga budaya batak harus menjadi ikon dari Humbahas.

Menanggapi hal tersebut, Tuan Syekh Ali Akbar Marbun menyampaikan, untuk mengembangkan suatu daerah, jangan saling menyalahkan apalagi tarik menarik. Tapi kita buat program bersama rakyat demi pembangunan, karena kita diikat kekeluargaan.

“Saya panggil bere sama Nababan, itu karena ada ikatan kekeluargaan dalam Batak. Jadi kita harus satu rasa dan  bersatu bahwa kita di ikat satu keluarga,” ucapnya.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024, tokoh ulama itu berpesan agar semua pihak menjaga kesejukan politik.

“Jangan  membuat rakyat Humbahas   menjadi terkotak-kotak. Sebab semua adalah saudara. Marga satu dengan yang lain tidak terlepas dari hubungan keluarga yang diikat Dalihan Na Tolu,” katanya.

Siapapun yang terpilih menjadi pemimpin, biarpun dari marga minoritas, kata Tuan Syekh, biarlah Tuhan yang menentukan.

“Kita harus tetap bersatu memajukan pembangunan,” tegasnya

Di akhir dalam pesannya, “Hidup rukun adalah budaya kita. Saya tahu Humbang Hasundutan itu, karena itu kampung halaman saya. Adat Dalihan Na Tolu masih kental di Humbahas. Untuk pembangunan marilah berlomba, jangan berat sebelah. Kecamatan Pakkat, Parlililitan dan Tarabintang (Papatar), masih tertinggal dengan kecamatan lainnya. Sering-seringlah turun ke sana untuk mendengar dan merasakan suara masyarakat.”

Mengakhiri pertemuanya, Wabup Humbahas mengucapkan terimakasih kepada pendiri Ponpes Al-Kautsar Medan itu, karena telah banyak memberi motivasi dan juga saran dan masukannya dalam mewujudkan peningkatan  pembangunan di Humbahas.

“Terimakasih banyak paman, Tuan Syekh Semoga bapak diberi Tuhan Kesehatan dan umur yang panjang. Terimakasih juga atas amanah dan saran serta kepeduliannya ke kampung halaman kita Humbahas,” pungkas Oloan.

(as)

Pos terkait