Warga Desa Durian IV Mbelang Kumpulkan 250 Juta Untuk Pembangunan Mesjid Al Muttaqin

Foto/dok_zi

STM Hulu, ZInews – Mesjid Al Muttaqin satu satunya mesjid yang ada di Desa Durian IV Mbelang, Kec. STM Hulu, Kab. Deli Serdang. Mesjid yang didirikan sekitar tahun 80 an ini di rasakan tak mampu lagi untuk menampung jemaahnya. Sehingga warga Desa ini memutuskan untuk membangun kembali Mesjid Al Muttaqin dengan swa daya masyarakat desa ini dengan ukuran gedung yang lebih luas.

Saksi Ginting Kepala Desa Durian IV Mbelang, menjelaskan ke awak media saat warga Desa ini bergotong royong, mengatakan, “Mesjid Al Muttaqin ini satu satunya masjid di Desa Kami. Penduduk Desa kami semakin bertambah karena memang pertumbuhan penduduk dan ada juga yang pindahan dari Desa lain ke Desa kami ini,” tuturnya. 

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah Jemaah Mesjid kami ini semakin banyak dan saat Ibadah berjamaah seperti sholat jumat mesjid ini tak mampu lagi menampung jemaahnya sehingga kami sepakat untuk membangun Mesjid ini dengan swadaya. Mulai dari membeli material dan bahan bahan bangunan hingga pengerjaan kami melakukan dengan bergotong royong tanpa di upah, dan kami melakukannya seminggu sekali di setiap hari minggu,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk tenaga ahli pertukangan dari warga penduduk Desa tersebut. Ada 7 orang tukang bangunan yang setiap minggu bekerja di Mesjid ini tanpa di bayar, jadi warga yang lain berperan menjadi pembantu tukang atau kenek bangunannya. Begitulah setiap minggu dilakukan dengan gotong royong. Dan rencana menjelang Hari Raya Idul Fitri Mesjid akan rampung sehingga untuk melaksanakan sholat Idul Fitri tahun ini di Mesjid yang baru.

“Luas bangunan Mesjid ini yang kami rencanakan sesuai base teks 10 x 10 M sebagai bangunan induknya dengan Rencana Anggaran Biaya sebesar 250 juta yang bersumber dari kutipan warga Desa ini secara sukarela seikhlasnya, ditambah ada bantuan sosial dari Propinsi sebesar 50 jt. Kami atas nama warga Desa Durian IV Mbelang mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu atas bantuan sosial ini,” ujar Pak Kades.

Dengan luas bangunan 100 M persegi ini di perkirakan nantinya Mesjid ini akan mampu menampung Jemaah lebih dari 100 orang.

“Selain fisik bangunan gedung, kami juga pelan-pelan membenahi jalan menuju ke Mesjid dan mulai menimbun jalan dengan material batu dikerjakan sendiri. Selain memang untuk menghemat biaya, gotong royong membangun mesjid ini juga kami tunjukkan untuk menambah ke-imanan dan rasa cinta untuk memakmurkan Mesjid Al Muttaqin ini, Amin Ya Robbal alamin,” tandasnya.

(Suyono)

Pos terkait