Wujudkan Percepatan Sidang, Ketua PN Jayapura Sambagi Kajari

Foto; KPN Jayapura Derman P Nababan, SH, MH, bersama Kajari Jayapura Lukas Alexander Sinuraya, SH, MH/zi

JAYAPURA, ZINEWS | Setelah mendapat promosi dan dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Kelas 1A seminggu lalu, Derman P. Nababan, SH, MH, langsung melakukan beberapa agenda kegiatan, seperti kunjungan dari pihak penghubung Komisi Yudisial Papua Kamis lalu.

Dia menyadari akan tugas pokok dan fungsinya sebagai ketua, sehingga tidak perlu berlama-lama duduk. Salah satu agendanya adalah langsung menemui Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jayapura, Lukas Alexander Sinuraya, SH, MH, dengan tujuan untuk melakukan komitmen bersama dalam mewujudkan percepatan persidangan perkara pidana.

Bacaan Lainnya

Kunjungan yang langsung diterima Kajari Lukas didampingi Kasidatun Lusiana Silaban, SH, di ruang kerjanya, Derman menyampaikan, bahwa dirinya baru saja dilantik dan menjabat 1 (satu) minggu di PN Jayapura, Kamis (12/01/2023).

“Pak Kajari, Saya sudah 21 (dua puluh satu) tahun mengabdi sebagai hakim, dan selama itu pula hubungan kerja saya dengan pihak kejaksaan selalu berjalan baik,” ujar Derman.

Mantan Ketua PN Pematang Siantar itu menjelaskan, bahwa sinergitas antara Kejaksaan dengan Pengadilan Negeri termasuk Kepolisian menjadi hal penting dalam penegakan hukum pidana.

“Kita harus bergerak seiring selangkah, untuk melayani masyarakat pencari keadilan. Apalagi saat ini Mahkamah Agung (MA)  telah memberlakukan E-Berpadu. Permohonan Ijin Penyitaan, Penggeledahan, Perpanjangan Penahanan dan Pelimpahan Perkara Pidana ke PN harus dilakukan secara elektronik. Ini terobosan dasyat yang dilakukan oleh MA, semata-mata untuk mempercepat pelayanan hukum pidana dari pengadilan,” katanya.

Dengan kedatangan KPN Jayapura di kantor Kajari Jayapura itu, Lukas Alexander Sinuraya menyambut hangat kehadirannya.

“Secara pribadi dan sebagai pimpinan Kejaksaan Negeri Jayapura sangat senang menyambut kehadiran Ketua. Sepintas saya sudah mengetahui perjalanan karir pak Ketua PN, beranjak dari cleaning service di Pengadilan. Jika saat ini dipercaya menjadi Ketua PN Kelas IA, tentu itu melalui banyak proses dan pergumulan. Karena itu kami mengucapkan selamat datang kepada Pak Nababan di Bumi Cendrawasih ini,” kata Lukas menimpali.

Di akhir pertemuannya Lukas menambahkan, bahwa Kejari Jayapura siap melakukan percepatan pelayanan persidangan perkara bersama PN Jayapura.

“Memang dari awal itu sudah menjadi komitmen saya. Jika ada rekan-rekan Jaksa yang lambat menangani perkara, silakan diinfokan kepada saya. Kami siap melakukan perbaikan,” tandas mantan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Simalungun, Sumatera Utara itu.

(hms/raja)

Pos terkait